Langsung ke konten utama

17 Jenis Jenis Kertas Yang Digunakan Dalam Percetakan


Yang kita ketahui bahwa  percetakan merupakan sebuah bisnis yang sangat menggiurkan bagi para pembisnis pada era sekarang.sebab saat ini sudah banyak juga pembisnis membuka  jasa percetakan seperti kartu nama,paper bag,spanduk,dan lainnya.selain itu  pada era sekarang banyak yg mencari jasa percetakan murah dan berkualitas dalam membuat spanduk ataupun lainya yg bertujuan untuk promosi. sebelum melakukan percetakan sebaiknya anda harus mengetahui jenis jenis kertas apa saj yang tersedia dan kegunaannya masing masing berikut penjelasannya:




  •  Kertas art paper
       Bahan kertas art paper ini merupakan salah satu bahan kertas yang mempunyai permukaan yang   licin. bahan kertas ini bisa anda pilih jika ingin cetak flyer,majalah,katalog,atau brosur.ada beberapa tingkat  atau gramatur yang berbeda yang terdiri dari 85 gram, 100 gram, 115 gram , 120 gram, sehingga 150 gram.

  •  Kertas art carton
         Bahan  kertas art carton ini memiliki dua permukaan  yang sama persis dengan permukaan art paper, halus dan licin.Pada bahan kertas  memiliki ketebalan lebih dan jenis kertas ini biasanya di  gunakan untuk mencetak kartu nama bisnis,cover buku,map,dan sebagainya. pada gramatur ini yang tersediapun lebih banyak, dari mulai beratnya 190 gr hingga 400 gr.

  •  Kertas Dupleks
          Bahan kertas duplex ini memiiki perbedaan di dua permukaan. pada sisa pertamanya berwarna putih, sedangkan dengan sisi sebelahnya mempunya warna abu abu. Pada bahan kertas ini bisanya sangat banyak digunakan oleh para customer untuk membuat percetakan dus pembukus makanan, ataupun obat obatan. pada gramatur bahan kertas ini di sediakan dari 500 gr,400 gr,350 gr,270 gr,dan 250 gr.

  •  Kertas HVS
       Bahan kertas HVS merupakan kertas yang sangat sering di gunakan dan di tahui oleh para konsumen. karena jenins kerta sini yang sangat sering di gunakan dalam mencetak buku atapun foto copy. Jenis kertas ini memiliki permukaan yang kasar yang membuat kertas ini sangat sering di gunakan banyak orang. Gramatur pada jenis kertas ini mulai dari 60 gr, 70gr,80 gr, hingga 100 gr.

  • Kertas Samson Kraft
          Bahan kertas samson kraft ini  merupakan  jenis kertas ini  di hasilkan dari daur  ulang modern yang dimana pada warna umunya berwana coklat yang memiliki permukaan yang licin. pada jenis kertas samson memiliki 2 warna dasar, yaitu berwarna coklat tua dan muda. J Gramatur pada jenis kertas  ini yang sering di gunakan adalah 70 gr dan 80 gr, pada biasanya kertas ini di gunakan sebagai bahan packing/pembungkus,tas kertas , hangtag,sampul buku ,atau kado. karena jenis kertas samson kraft ini sering digunakan untuk paper bag sehingga terlihat lebih menarik.

  • Kertas Yellow Board
          Bahan kertas yellow board ini memiliki bahan yang cukup tebal, sehngga banyak konsumen  yang menggunakan jenis bahan kertas ini sebagai pembuatan undangan jenis hard cover. Pada Bahan kertas ini memiliki sebuah kekurangan yaitu tidak bisa di proces di mesin cetan offset.Kertas yellow board ini  perlu di lapisi dengan kertas art paper atau dupleks saat proces pencetakan. beberapa gramatur  yang di sediakan adalah YB 40 dan TB30.

  • Kertas Corrugated
          Bahan kertas Corrugated ini memiliki ciri yang bergelombang  pada bagian permukaannya dan permukaannya berwarna coklat. Pada jenis keras ini  digunakan sebagai dus mi instan, dus komputer,dan sebagainya.Persis halnya seperti kertas yellow board , yang dimana jenis kertas ini membutuhkan kertas lain jika perlu di lakukan proces cetak di percetakan yang lebih murah.

  • Kertas Fancy paper
         Bahan kertas  fancy paper  memiliki banyak keunikan baik karakteristik, maupun jenis warnanya. Jenis Fancy paper ini sering di gunakan untuk proces pembuatan undangan pernikahan.Dari beberapa jenis dari  kertas fancy paper ini berupa jasmine,hawaii,milennium,java emboss,dan lain -lainnya. Gramatur dari kertas fancy paper ini beragam dari 300 gr, 220 gr, 100 gr, dan 80 gr.

  • kertas Doorslaag
            Bahan ini sangat tipis dan terlihat seperti transparan. pada umumnya jenis ini di gunakan sebagai kertas rangkap pada nota ataupun faktur. Jenis doorslaag ini memiliki varian warna. dan kertas doorslag ini sering kali menjadi sebuah alternatif pilihan untuk mengejar harga yang murah dibandingkan menggunakan kertas NCR yang lebih mahal.Dengan ketipisannya doorslag, sering kali para pencetak kesulitan untuk mencetak karena bahan yang terlalu tipis.

  • Kertas NCR
        Kertas NCR(Non Carbon Required) merupakan bahan kertas yang tembus warna tanpa karbon.bahan kertas ini memiliki 2 lapisan yang terdiri dari lapisan colour trasnfer dan colour receiver. Sebelum menggunakan kertas NCR ketahui beberapa type dari kertas ini yaitu ada top,middle,dan bottom. dan untuk urutan posisi rangkapnya adalah top selalu ada di bagian paling atas,dan di tengah ada middel,dan paling bawah adalah bottom.Jenis bahan kertas ini bisanya sering digunakan sebagai nota penjualan,surat jalan,tanda terima barang,tanda terima uang,kwitansi,invoce,surat pesanan barang ( purchase order), faktur pajak, official receipt serta formulir pendaftaran.

  • Kertas BC( Brief card)
           Bahan kertas BC ini pada biasnaya banyak orang menyebutnya sebagai kertas manila yang memiliki 5 warna yaitu merah,biru,kuning,hijau,putih.biasanya jenis bahan ini sering di temuka di sekolah sekolah atau kantor kantor pemerintahan dan swasta. jenis bahan kertas BC ini biasanya di gunakan untuk proces pembuatan kertas undangan, kartu stok perusahaan,kartu absensi,kartu bayaran rumah sakit ,atau sekolah. Gramatur pada bahan kertas BC ini berupa 160 gr, 220 gr, 250 gr.

  • Kertas Linen
        Jenis bahan linen ini  sudah sangat familiar  di kalangan dunia percetakan. Bahan kertas ini mempunyai tekstur garis garis dan menyerupai serat kain. Bahan ini bisa di temukan pada toko buku maupun toko kertas. Bahan kertas linen ini sangat cocok dalam proces pembuatan kartu undangan,agenda,sertifikat,dan kartu nama.Gramasi pada jenis bahan kertas ini yang ada di pasaran berupa 220 gr ,dan 250 gr.

  • Kertas Sticker Cromo
          Kertas Sticker cromo memiliki jenis lapisat perekat yang salah satunya mengkilap dan sisi lainnya sebagai pelapis berbagai warna. Dengan daya rekatnya yang kuat membuat bahan jenis sticker cromo ini sangat di minati oleh kalangan percetakan.Kekurangan dari jenis kertas ini  tidak dapat tahan air dan mengalami kerusakan dan luntur jika terkena basah.

  • Kertas BW
       Jenis kertas blues white (BW) mempunya kemiripan tekstir dengan jenis kertas BC dan memiliki ketebalan yang sama. Bahan kertas BW ini biasanya di gunakan untuk stofmap,kartu nama, sertifikat atau yang lainnya. bahkan Bahan BW dari impor sangat lah bagus di gunakan untuk undangan pernikahan elegant. Gramasi dari jenis bahan kertas blues white Diantara 220 gr ,dan 250 gr.

  • Kertas Ivory
     Jenis kertas ini memiliki ciri yang hampir sama dengan jenis art carton.cara membedakan kertas ivory dengan jenis art carton adalah permukaan ivory hanya ada 1 sisi yang mengkilap dan sisi lainnya doff. bahan kertas ivort kerap digunakan sebagai pengemas makanan dalam bentuk box dan juga biasanya jenis baan ini di gunakan untuk pengemas kosmetik. dengan kemasn yang berbentuk kotak dan desain yang full color.jenis bahan kertas ini memiliki kualitas yang baik di bandingkan dengan jenis bahan kertas duplex. selain bahannya yg baik dan kuat, kertas ivory ini mampu memberikan kesan mewah dan elegan. Gramasi dari jenis bahan ivory ini ada 210 gr, 230 gr, 250 gr,dan 400 gr.


  • Kertas matt paper
      Jenis bahan kertas matt paper ini memiliki dua sisi yang tidak mengkilap. hasil cetak menggunakan jenis bahan ini sangat diminati oleh konsumen karena ada kesan elegan, dan juga di lakukan finisihng dengan laminasi glossy atau pun doff dan haislnya pun akan semakin bagus nantinya.jenis bahan kertas ini sering digunakan untuk keperluan mencetak poster,isis majalah,flyer,dan brosur.gramatur pada jenis bahan kertas ini berupa 80 gr, 100 gr, 120 gr ,dan 150 gr.

  • Kertas asturo
        Jenis bahan kertas asturo ini memiliki  ketebalan dan memiliki 2 sisi warna yang berbeda.Bahan asturo ini biasanya di gunakan utuk keperluan penjilidan(hard cover), keperluan media pembelajaran,dan bahan membuat kerajinan tangan dari kertas sebagai alternatif pengganti kertas origami.bahan sturo ini biasanya di sebut oleh para pencetak adalah kertas omega. yang dimana memiliki panjang dan lebar yang seragam yaitu 40x60 cm.


Itulah beberapa jenis-jenis kertas yang banyak beredar di pasaran, jenis jenis kertas masih memiliki beraneka ragam macam lainnya. jenis yang di jelaskan di atas merupakan sebagian jenis jenis kertas yang sering di gunakan dan gampang di temukan di dunia percetakan. Semoga dengan artikel ini para pembaca mendapatkan informasi dan manfaat yg penting untuk kedepannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketahui 10 Jenis Penjilidan Buku Dalam Percetakan

Dalam dunia percetakan jenis penjilidan buku dan dokumen mempunyai sejarah yang cukup panjang. Pada abad ke 19 merupakan sebuah era transformasi teknik penjilidan buku, yang dimana saat itu permintaan kebutuhan akan  meningkat dan penerbit sudah mulai mengontrol segala hal dari mulai pengeditan, percetakan hingga penjilidan. Perkembangan para penerbit buku pun melihat sampul(cover) buku yang menjadi sebuah media yang bisa mencerminkan sebuah isi buka yang akan menarik perhatian orang-orang.  Dalam proses penjilidan buku mengalami perubahan dari tahun ke tahun yang dimana  buku konvensional terdiri dari lembaran pairus  yang sejenis tumbuhan yang merupakan bahan pembuat kertas yang di gulung dan memanjang hingga gulungan papirus itu menjadi lembaran terpisah yang terbuat dari kulit hewan yang menjadi sebagai sampulnya. Sampul di ikuti dengan lembaran daun yang telah di keringkan sebagai isinya lalu dilipat kemudian disusun menjad beberpa bagian sesuai dengan ukuran yang di te

Pemahaman Mengenai Tinta Cetak Offset Yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum anda melakukan percetakan sebaiknya anda mengetahui dahulu mengenai perngertian offset printing yang saat ini semakin pesat   tingginya permintaan.Tinta cetak offset adalah sebuah teknik khusus yang di gunakan dalam memproduksi grafika atau sebuah percetakan yang menggunakan teknik percetakan offset atau juga biasa di kenal dengan sebuah teknik cetak datar. sehingga menjadikan industri percetakan semakin banyak yang tertarik untuk melirik pada binsis ini. Teknik cetak offset ini merupakan teknik cetak yang datar dan sudah di kenal dan digunakan pada sejak 1906. Tak kalah heran jika kini suda semakin banyak yang bermunculan jasa percetakan pada bagi bagian bagian wilayah yang ada di indonesia. Dalam teknik cetak offset ( teknik cetak datar ) merupakan sebuah teknik cetak yang dimana memiliki acuan cetak   antara bagian mencetak ( BM) dengan bagian yang tidak mencetakan (BTM) nya dengan ketinggian yang hampir sama,   hanya saja di bedakan dengan ukuran   mikronya saja

Pembahasan Fungsi Ordner Dan Kegunaannya

Dalam dunia kelembagaan atau keorganisasian yang baik dalam segala kecil maupun dalam skala besar pastinya di dalam perusahaan membutuhkan pelengkap pada dokumentasi,karena jika tidak adanya pelengkap dalam dokumentasi akan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam mencari dokumentasi penting dalam perusahaan besar. perlengkapan yang biasanya  di gunakan oleh pegawai merupakan ATK ( alat tulis kantor) yang dimana merupakan sebuah penyediaan alat pelengkap pada pekerja karyawan dalam menyimpan dokumentasi secara rapih serta menghindari dari pertukaran dengan karyawan lainnya. dari perlengkapan alat untuk pegawai ATK  salah satunya yang paling penting yang harus di gunakan dalam perusahaan kecil ataupun perusahaan besar  yaitu ordner/ map arship. Selanjutnya akan di jelaskan mengenai apa pemahaman dan fungsi ordner. Pemahaman ordner Ordner adalah merupakan sebuah map besar yang memiliki dasar karton tebal yang dimana mempunya fungsi untuk menyimpan dokumen dan arsip. Alat kant