Langsung ke konten utama

Pembahasan Fungsi Ordner Dan Kegunaannya

Dalam dunia kelembagaan atau keorganisasian yang baik dalam segala kecil maupun dalam skala besar pastinya di dalam perusahaan membutuhkan pelengkap pada dokumentasi,karena jika tidak adanya pelengkap dalam dokumentasi akan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam mencari dokumentasi penting dalam perusahaan besar. perlengkapan yang biasanya  di gunakan oleh pegawai merupakan ATK ( alat tulis kantor) yang dimana merupakan sebuah penyediaan alat pelengkap pada pekerja karyawan dalam menyimpan dokumentasi secara rapih serta menghindari dari pertukaran dengan karyawan lainnya. dari perlengkapan alat untuk pegawai ATK  salah satunya yang paling penting yang harus di gunakan dalam perusahaan kecil ataupun perusahaan besar  yaitu ordner/ map arship. Selanjutnya akan di jelaskan mengenai apa pemahaman dan fungsi ordner.


Pemahaman ordner

Ordner adalah merupakan sebuah map besar yang memiliki dasar karton tebal yang dimana mempunya fungsi untuk menyimpan dokumen dan arsip. Alat kantor  ini mempunyai karakteristik besar dan kokoh yang berbahan dasar board . bahan akan terasa tebal jika sudah di pegang covernya, tetapi ordner ini sangat rentang dengan api, sehingga jika terkena dengan elemen api ini sangat lah mudah terbakar.  Bahan ini memiliki ukuran  3.45 cm x 28.5cm x 7 cm dan biasanya memiliki dua penjepit besi yang dimana pada dua sisi tengah nya digunakan sebagai menjilid dokumentasi ataupun arship.Ordner memiliki dua sisi yaitu cover depan dengan cover belakang yang berfungsi untuk menutupi dan melindungi dokumentasi .

Dalam pembelian ordner  dapat di beli di toko ATK terdekat dengan kualitas yang standard dengan bermerek yang terkenal.Tetapi biasanya pada perusahaan pasti menggunakan pelengkapan kantor yang berkualitas dan dapat di custom dengan desain perusahaan. Dalam melakukan pemesanan ordner custom dapat di pesan pada toko percetakan offset ataupun digital printing. Pada kedua macam percetakan ini jika anda ingin melakukan percetakan ordner custom lebih baik melakukan percetakan offset. Dan untuk melakukan percetakan yang sedikit di harapkan untuk melakukan percetakan digital printing.

Dalam melakukan percetakan cover ordner menggunakan kertas Art paper,matt paper,dam dilapisi dengan plastik laminasi (doff / glossy sesuai dengan pilihan yang di inginkan). Jika anda ingin  ordner dapat  terlihat premium  dapat menambahkan  dengan elemen finishing seperti spot uv atau poly (tinta emas , silver) agar terlihat lebih lebih bagus dari bahan seperti biasanya.


Fungsi Ordner
Ordner merupakan sebagai salah satu kategori peralatan pengasirpan, yang pada biasanya di gunakan  di puskemas,klink,kantor,toko,dan lainnya.  fungsi ordner sangat penting dalam mengelompokan arsip atau dokumen penting. Pengelompokokan arsip ini menggunakan berbagai metode seperti sistem abjad tanggal,nomor,pokok masalah,dan wilayah. 

berikut ini akan di berikan penjelasan  fungsi ordner dalam  perusahaan besar atau pun kecil berikut penjelasannya:

  • Fungsi setiap bagian ordner
Ordner memiliki bagian bagian penting  seperti pada bagian pengunci rado yang dimana membuat ordner ini dapat tetap berdiri kokoh walaupun dokumen sudah terisi penuh.Pengunci rado ini sudah hadir  di banyak merek yang di jual di indonesia.Untuk mengetahui ordner ini memili pengunci rado dapat melihat contoh gambar yang ada di atas.

label yang dimana berfungsi untuk menuliskan informasi keterangan dan juga untuk mempermudah pencarian dokumen. 

Ada juga Finger Ring yang dimana ring ini bolong yang ada tepat di bawah area label, yang berfungsi  untuk menarik ordner dari rak arship. ada juga  Ring Binder  yang befungsi untuk menahan kertas  yang dimana berisi 2 hingga  4  Ring Binder yang di lengkapi dengan penahan kertas di dalamnya.


Penggunaan Ordner

Setelah di berikan penjelasan fungsi ordner ini anda harus mengetahui cara menggunakan ordner ini dengan benar, Pertama sebelum menggunakan anda harus melobangkan kertas yang akan anda masukan ke dalam ordner dengan pelobang kertas dua lobang (Perforator). Setelah sudah membolongi kertas yang ingin di simpan kita harus membuka ring binder dan meletakan kertas pada area yang sudah di lobangin. setelah itu tutup kembali ring binder , dan maka sudah dapat di simpan kembali ke rak arsip.

Setelah di jelaskan fungsi ordner ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan ordner berikut penjelasannya :

Kelebihan dan kekurangan Ordner


Kelebihan
  1. Dalam pengarsipan banya dokumen menjadi lebih mudah dan cepat 
  2. Melakukan percanrian dokumen yg susah menjadi lebih mudah
  3. Ordner dapat menampung dokumen dengan ukuran A3,A4,A5 dan folio yang mempunyai ketebatan 5cm,7cm,dan 10 cm.
  4. Ordner dapat tersimpan dalam jangka waktu bertahun tahun untuk menjaga dokumentasi.




Kekurangan
  1. Bahan ordner ini sangat  mudah terbakar jika terkena api karena bahan yang sangat rentang terhadap elemen  api apa saja, dan bahan ini harus di simpan pada ruang sejuk dan aman.


Jadi secara umum bahwa fungsi dari ordner ini merupakan sebuah peyimpanan dokumen yang dimana sebuah map tebal tahan rusak dan tahan banting dengan muatan yang cukuk banyak untuk dokumen. dan lebih praktis di gunakan. sekian penjelasan mengenai pengertian ordner dan fungsinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketahui 10 Jenis Penjilidan Buku Dalam Percetakan

Dalam dunia percetakan jenis penjilidan buku dan dokumen mempunyai sejarah yang cukup panjang. Pada abad ke 19 merupakan sebuah era transformasi teknik penjilidan buku, yang dimana saat itu permintaan kebutuhan akan  meningkat dan penerbit sudah mulai mengontrol segala hal dari mulai pengeditan, percetakan hingga penjilidan. Perkembangan para penerbit buku pun melihat sampul(cover) buku yang menjadi sebuah media yang bisa mencerminkan sebuah isi buka yang akan menarik perhatian orang-orang.  Dalam proses penjilidan buku mengalami perubahan dari tahun ke tahun yang dimana  buku konvensional terdiri dari lembaran pairus  yang sejenis tumbuhan yang merupakan bahan pembuat kertas yang di gulung dan memanjang hingga gulungan papirus itu menjadi lembaran terpisah yang terbuat dari kulit hewan yang menjadi sebagai sampulnya. Sampul di ikuti dengan lembaran daun yang telah di keringkan sebagai isinya lalu dilipat kemudian disusun menjad beberpa bagian sesuai dengan ukuran yang di te

Pemahaman Mengenai Tinta Cetak Offset Yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum anda melakukan percetakan sebaiknya anda mengetahui dahulu mengenai perngertian offset printing yang saat ini semakin pesat   tingginya permintaan.Tinta cetak offset adalah sebuah teknik khusus yang di gunakan dalam memproduksi grafika atau sebuah percetakan yang menggunakan teknik percetakan offset atau juga biasa di kenal dengan sebuah teknik cetak datar. sehingga menjadikan industri percetakan semakin banyak yang tertarik untuk melirik pada binsis ini. Teknik cetak offset ini merupakan teknik cetak yang datar dan sudah di kenal dan digunakan pada sejak 1906. Tak kalah heran jika kini suda semakin banyak yang bermunculan jasa percetakan pada bagi bagian bagian wilayah yang ada di indonesia. Dalam teknik cetak offset ( teknik cetak datar ) merupakan sebuah teknik cetak yang dimana memiliki acuan cetak   antara bagian mencetak ( BM) dengan bagian yang tidak mencetakan (BTM) nya dengan ketinggian yang hampir sama,   hanya saja di bedakan dengan ukuran   mikronya saja