Langsung ke konten utama

Ketahui 10 Jenis Penjilidan Buku Dalam Percetakan


Dalam dunia percetakan jenis penjilidan buku dan dokumen mempunyai sejarah yang cukup panjang. Pada abad ke 19 merupakan sebuah era transformasi teknik penjilidan buku, yang dimana saat itu permintaan kebutuhan akan  meningkat dan penerbit sudah mulai mengontrol segala hal dari mulai pengeditan, percetakan hingga penjilidan. Perkembangan para penerbit buku pun melihat sampul(cover) buku yang menjadi sebuah media yang bisa mencerminkan sebuah isi buka yang akan menarik perhatian orang-orang. 

Dalam proses penjilidan buku mengalami perubahan dari tahun ke tahun yang dimana  buku konvensional terdiri dari lembaran pairus  yang sejenis tumbuhan yang merupakan bahan pembuat kertas yang di gulung dan memanjang hingga gulungan papirus itu menjadi lembaran terpisah yang terbuat dari kulit hewan yang menjadi sebagai sampulnya. Sampul di ikuti dengan lembaran daun yang telah di keringkan sebagai isinya lalu dilipat kemudian disusun menjad beberpa bagian sesuai dengan ukuran yang di tentukan, susunan tersebut lalu di jahit hingga menjadi terbentuknya sebuah buku.

Teknik penjilidan buku dapat di lakukan dengan beberapa jenis penjilidan buku lainnya. karena jenis teknis penjilidan lain tidak bersifat mutlak yang dimana setiap jenis itu memiliki kegunaan masing masing dalam kebutuhannya. contoh: sebuah buku tebal lebih dari seratus halaman bisa menggunakan teknik jilid benang dan lem panas atau jilid hard agar buku tidak cepat rusak.Teknik penjilidan buku pun juga memiliki fungsi yang bertujuan untuk meningkatkan image buku itu sendiri Seperti halnya pada sebuah buku jika pada bagian hard cover itu berkesan mewah dan eksklusif orang pun akan lebih tertarik untuk membuka dan melihat lihat buku tersebut.

Dengan sekian banyak jenis penjilidan  lantas apa saja jenis penjilidan yang ada di dunia percetakan?Berikut penjelasan jenis jenis penjilidan buku yang harus anda ketahui :


  • Perfect binding  (jilid lem panas)

Jenis penjilidan Perfect yang menggunakan lem panas yang dimana pada proces pembuatan nya  memiliki satu sisi lembaran kertas yang menjadi buku disayat pisau yang bertujuan  untuk memberikan celah pada lem agar dapat masuk dengan sempurna dan merekat pada lembaran kertas. Pada jenis binding ini memiliki 2 macam yaitu jilid lem dan jilid lem+ jahit benang. Pada jenis binding ini biasanya di gunakan untuk menjadi soft cover atau pun hard cover pada laporan tahunan,majalah,novel,buku tahunan,dan skripsi.


  • Saddle stiching  binding (jahit kawat)

Jenis penjilidan saddle stiching  yang dimana menggunakan kawat atau sering  di sebut steples tengah. Yang dimana lembaran kertas dilipat mejadi dua kemudia pada bagian tengahnya di berikan kawat pengikat.


  • Loop stitching  binding (jilit kawat lengkung)

Jenis pejilidan  loop stitching  ini memiliki persamaan yang sma dengan jenis penjilidan buku saddle stitching. Perbedaan pada jenis loop stiching dengan saddle stitching pada bagian luar pada buku kawatnya memiliki bentuk yang melengkung pada suatu lobang. Fungsi pada kawat melengkung yang berlubang untuk buku dapat di masukkan dalam binder yang besar. Pada biasanya jenis jilid ini di pakai di dalam perusahaan yang mempunyai katalok dalam pengoleksian pada binder.


  • Screw binding  (jilit baut )

Jenis penjilidan Screw ini dimana jenis penjilidan yang menggunakan baut untuk menyatuhkan lembaran-lembaran pada sebuah buku.Kertas yang di lubangin dari halaman pertama hingga tembus ke halaman belakang. Setelah itu di satukan menggunakan baut dan dk kencangkan.Pada jenis binding ini sering di gunakan dalam hard cover , kalatog warna, buku menu,dan lain lainnya.


  • Side stitching binding (jahit kawat  hampir sama dengan saddle stiching)

Jenis penjilidan side stitching hampir sama dengan saddle stitching  yang menggunakan kawat atau benang. yang bedakannya adalah proces jilid  ini di lakukan dengan penjahitan atau staples dari bagi sisi depan hingga tebus ke bagian belakang buku. pada jenis  penjilidan ini  bisanya di gunakan dalam menjilid dokumen yang lebih tebal.


  • Tape binding (jilit lakban hitam)

Jenis penjilidan tape menggunakan lakban hitam yang di tempelkan pada bagian tepi buku.Yang dimana harga jilid ini cukup murah yang sering di gunakan oleh naak anak sekolah atuapun kuliah dalam perapihan pada tugas atau buku yang di inginkan.Pada jenis binding ini memiliki kekurangan yang itu  binding tape ini memiliki ketidaktahanan alias gampang lepas jika lakban yang digunakan kurang lengket pada buku yang ingin di gunakan.


  • Case binding (jilid hardcover)

Jenis penjilidan case atau biasanya orang menyebutnya hardcover. Pada jenis penjilidan ini dilakukan dengan cara menyusun buku yang telah di jahit dan di lem pada bagian ujung kertas dan di tempelkan lagi pada punggung sampul hardcover.Teknik ini merupakan standar yang sering dipakai pada penyusunan skripsi,karya ilmiah atau tugas akhir.


  • Plastic grip binding (jilid plastik)


Jenis penjilidan  plastic grip  ini merupakan bahan untama yang digunakan dalam teknik penjilidan.Penjilidan ini cukupsederhana dan mudah karena dengan menyusun dokumen yang di inginkan setelah itu di jepit di antara plastik hingga mencakup keseluruhan dokumen.Teknik ini dapat di kombinasikan dengna teknik side stitching ataupun men staples pada bagian tepi dokumen sebelum dijepit agar lebih kuat lagi.


  • Comb binding (jilid spiral)


Jenis penjilidan comb menggunakan berbahan plastik yang tidka terlalu tebal (di bawah 100 halaman). Pada biasanya pada bagian sampul depan dan belakang sering di tambahkan dengan lapisan plastik muka atau kertas berwarna agar bertujuan lebih terlihat lebih bagus.


  • Twin loop wire binding (jilid spiral dengan 2 pasang)

Jenis penjilidan twin loop wire  ini berbeda dengan jenis penjilidan buku lainnya, yang dimana comb binding ini menggunakan bahan kawat yang saling berpasangan.Comb binding ini dapat membuka semua isi kertas  atau isi buku secara penuh merata dengan cepat dan gampang.

Berbagai ragam teknik dalam jenis penjilidan buku di gunakan dengan sesuai kebutuhan dokumen dan berkas berkas penting anda lainnya agar lebih rapih.Sekian artikel penjelasan mengenai jenis penjilidan semoga artikel ini bisa memberikan informasi penting bagi yg membutuhkannya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemahaman Mengenai Tinta Cetak Offset Yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum anda melakukan percetakan sebaiknya anda mengetahui dahulu mengenai perngertian offset printing yang saat ini semakin pesat   tingginya permintaan.Tinta cetak offset adalah sebuah teknik khusus yang di gunakan dalam memproduksi grafika atau sebuah percetakan yang menggunakan teknik percetakan offset atau juga biasa di kenal dengan sebuah teknik cetak datar. sehingga menjadikan industri percetakan semakin banyak yang tertarik untuk melirik pada binsis ini. Teknik cetak offset ini merupakan teknik cetak yang datar dan sudah di kenal dan digunakan pada sejak 1906. Tak kalah heran jika kini suda semakin banyak yang bermunculan jasa percetakan pada bagi bagian bagian wilayah yang ada di indonesia. Dalam teknik cetak offset ( teknik cetak datar ) merupakan sebuah teknik cetak yang dimana memiliki acuan cetak   antara bagian mencetak ( BM) dengan bagian yang tidak mencetakan (BTM) nya dengan ketinggian yang hampir sama,   hanya saja di bedakan dengan ukuran   mikronya saja

Pembahasan Fungsi Ordner Dan Kegunaannya

Dalam dunia kelembagaan atau keorganisasian yang baik dalam segala kecil maupun dalam skala besar pastinya di dalam perusahaan membutuhkan pelengkap pada dokumentasi,karena jika tidak adanya pelengkap dalam dokumentasi akan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam mencari dokumentasi penting dalam perusahaan besar. perlengkapan yang biasanya  di gunakan oleh pegawai merupakan ATK ( alat tulis kantor) yang dimana merupakan sebuah penyediaan alat pelengkap pada pekerja karyawan dalam menyimpan dokumentasi secara rapih serta menghindari dari pertukaran dengan karyawan lainnya. dari perlengkapan alat untuk pegawai ATK  salah satunya yang paling penting yang harus di gunakan dalam perusahaan kecil ataupun perusahaan besar  yaitu ordner/ map arship. Selanjutnya akan di jelaskan mengenai apa pemahaman dan fungsi ordner. Pemahaman ordner Ordner adalah merupakan sebuah map besar yang memiliki dasar karton tebal yang dimana mempunya fungsi untuk menyimpan dokumen dan arsip. Alat kant